Membangun Majalah Sekolah

 



Judul : Cara Membangun Majalah Sekolah

Resume ke- : 11

Gelombang ke-: 29

Hari/ Tanggal : Rabu/ 19 Juli 2023

Tema: Mengelola Majalah Sekolah

Narasumber : Widya Setianingsih,S.Ag

Moderator : Nur Dwi Yanti,M.Pd.

 

 

Kamis, 20 Juli 2023, pukul 22.30 saya baru sempat membuka kembali chat materi KBMN di malam sebelumnya yang sudah saya bintangi. Karena suatu kesibukan dan seru-serunya mengurus bayi, sehingga saya terlambat menuliskan resume dari materi malam tadi.

Malam tadi materi bertema Mengelola Majalah Sekolah disampaikan oleh Ibunda Widya Setianingsih,S.Ag. Bersama beliau Ibunda Nur Dwi Yanti, M.Pd. sebagai moderator. Ibu Widya mengawali materinya dengan kata kunci MAU. Penuturan beliau bahwa bergabung dengan komunitas seperti KBMN ini mampu melejitkan potensi kita menjadi penulis yang produktif semakin menggugah semangat saya untuk mencapai keinginan yang sempat tersendat-sendat dalam berliterasi.

Kembali pada kunci yang beliau berikan yaitu MAU, juga kalimat beliau “Bagaimanapun juga satu ons tindakan lebih berarti dari pada satu ton pemikiran”, beliau mengajakk peserta KBMN untuk semangat menulis.

Berkomunikasi, promosi, dan sosialisasi dengan orangtua dan masyarakat adalah kunci yang sangat diperlukan oleh sebuah lembaga formal. Maka, majalah menjadi salah satu perantara untuk menyampaikan informasi terkait sekolah kepada khalayak ramai.

Majalah Kharisma yang beliau bangun berdua bersama temannya berawal dari usaha yang tidak mudah. Di awal-awal kelahirannya, Majalah Kharisma hanya berukuran setengah kertas folio dan dicetak dalam bentuk foto copy.  Layout didesain dengan cara gunting tempel. Dari cerita ini tentu mampu mematahkan ketakutan kita bahwa kendala biaya dan SDM bisa diperbaiki seiring berjalannya waktu. Kuncinya adalah mau memulai dan menjalankannya.

Kelahiran Majalah Kharisma menjadi contoh kedahsyatan kalam Allah “Bersama kesulitan pasti ada kemudahan”. Majalah Kharisma kini berumur 13 tahun dengan segala ujiannya. Kini Kharisma lahir dengan nama titel Kharisma Reborn.

Selanjutnya narasumber menyampaika bahwa Majalah adalah terbitan berkala yang berisi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topic actual yang patut diketahui pembaca. Majalah bisa dditerbitkan bulanan, tengah bulanan, mingguan, dan sebagainya. Ada berbagai jenis majalah seperti majalah berita, majalah anak-anak, majalah dewasa, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu, dan sebagainya.

Dalam menerbitkan majalah setidaknya ada beberapa langkah:

·         Menyatukan ide dan gagasan

·         Mengajukan proposal

·         Membuat rancangan majalah

·         Mencari rekanan pendukung

Susunan redaksi majalah sekolah dan tugasnya sebagai berikut:

·         Penasehat

Penasehat bisa dari yayasan, sekolah, atau komite sekolah. Penasehat bertugas memberikan pertimbangan tentang majalah.

·         Penanggung Jawab

Penanggung jawab majalah adalah kepala sekolah yang bertanggung jawab atas keseluruhan proses sampai penerbitan.

·         Pimpinan Redaksi

Pimpinan redaksi adalah dewan guru yang telah ditunjuk.  Pimpinan redaksi bertanggung jawab tentang mekanisme dan kerjas keseharian. Ia harus mengawasi keseluruhan isi yang akan dipublish.

·         Editor

Editor bertanggung jawab mengoreksi semua tulisan

·         Reporter

Reporter bertugas mencari berita, membuat dan menyusunnya.

·         Fotografer

Bertugas memgambil gambar peristiwa atau objek tertentu

·         Layout

Bertugas mendesain majalah, dan tata letaknya

·         Bendahara

Bendahara mengatur jalannya keuangan majalah sekolah.

Kehadiran majalah Kharisma mulai dari nol hingga se-eksis saat ini kuncinya tidak lain adalah kesungguhan para punggawanya. Konsisten dan kesungguhan untuk memulai kemudian terus berbenah diri akan membuahkan hasil yang manis.

Komentar