Manfaatkan Digitalisasi: Menulis Cerita Elektronik

 


Judul : Manfaatkan Digitalisasi: Menulis Cerita Elektronik

Resume ke- : 16

Gelombang ke-: 29

Hari/ Tanggal : Senin/ 31 Juli 2023

Tema: Menulis Buku Cerita Digital

Narasumber : Nur Dwi Yanti,M.Pd

Moderator : Raliyanti

 

Digital, siapa yang tak terpengaruh sama sekali oleh gempuran digitalisasi saat ini? Digitalisasi hampir merubah seluruh aspek kehidupan manusia. Mulai dari pekerjaan hingga ranah sosial. Dari anak-anak hingga kaum tua. Saat ini hampir semua pasti menggunakan digital.

Materi KBMN malam ini nampaknya sangat selaras dengan perkembangan zaman. Materi yang disampaikan oleh narasumber ibu Nur Dwi Yanti,M.Pd adalah tentang menulis elektronik. Membersamai beliau adalah Ibu raliyanti sebagai moderator. Meskipun kehadiran buku cetak masih sangat ramai, tapi kehadiran buku elektronik dirasa lebih efektif. Pasalnya, buku elektronik mudah dibawa kemana-mana dan mudah dibaca kapan saja.

Maka, materi Menulis Buku Cerita Digital ini sangat penting. Dengan mengetahui apa itu buku digital maka kita tidak hanya menjadi penikmat atau pembaca namun juga bisa berkontribusi menjadi penulis buku digital.

Apa itu buku elektronik? Buku elektronik sering kita kenal dengan sebutan e-book. Pada dasarnya e-book sama dengan buku. Pembeda keduanya adalah buku berupa tulisan yang dituangkan dalam lembaran-lembaran kertas yang disusun dan dicetak menjadi sebuah buku. Sedangkan e-book adalah tulisan yang dituangkan dalam bentuk digital dan bisa diakses melalui alat elektronik seperti laptop dan HP.

Buku dan e-book memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai bacaan atau media belajar. Jika buku memiliki wujud utuh asli yang bisa dipajang di dalam almari, maka e-book hanya bisa dilihat wujudnya berupa tulisan jika kita membukanya melalui HP maupun laptop.

Beberapa kelebihan lain dari e-book yaitu:

·         Mudah didapatkan

e-book sangat mudah didapatkan. E-book ada yang bisa didapatkan gratis maupun berbayar. Untuk mendapatkannya kita tidak perlu melakukan perjalalanan yang membutuhkan tenaga dan waktu

·         Mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak biaya

Siapapun bisa membuat e-book kapan saja dan dimana saja selama ada peralatan yang berupa HP atau laptop dan koneksi internet. Banyaknya aplikasi gratisan untuk membuat e-book juga menjadi nilai lebih karena untuk membuat, menggandakan dan mengeditnya tidak memerlukan banyak biaya.

·         Mudah disimpan dan dibawa

Karena e-book berbentuk elektronik, maka kita bisa membawa kapan saja dan kemana saja berbagai buku elektronik dalam satu alat.

·         Tidak perlu perawatan

e-book tidak memerlukan tempat penyimpanan yang membutuhkan ruang luas dan tidak membutuhkan perawatan tertentu.

Beberapa Aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat e-book diantaranya:

·         PDF

PDF adalah aplikasi paling umum yang sering dipakai oleh banyak orang dalam menyuguhkan e-book.

·         Google Docs

Melalui Google Doc kita bisa membuat e-book gratis dan menyimpanny adalam bentuk ePUB. Namun untuk bisa melakukan itu harus terkoneksi dengan internet

·         Mobipocket

Saat ini Mobipocket tidak hanya digunakan sebagai ereader tapi juga sudah bisa digunakan oleh pembaca ebook popular seperti Amazone kindle.

·         e-PUBee

Aplikais ini merupakan aplikasi utnuk menulis elektronik gratis yang bisa langsung terkoneksi dengan Microsoft Word.

Perkembangan penggunaan media elektronik yang saat ini sangat pesat sangat memungkinkan menurunnya minat baca dengan buku cetak. Dengan kelebihan-kelebihan yang disuguhkan, sangat mungkin jika orang akan lebih memilih membaca melalui e-book. Sebab itu, sangat penting bagi penulis untuk mampu menguasai e-book sebagai media menulisnya.

Komentar