Blog, salah Satu Media Pembelajaran yang Menarik

Judul : Blog, Salah Satu Media Pembelajaran yang Menarik.
Resume ke- : 5
Gelombang ke-: 29
Hari/ Tanggal : Rabu/ 28 Juni 2023
Tema: Blog sebagai Media Pembelajaran
Narasumber : Dail Ma'ruf,M.Pd.
Moderator : Helwiyah,S.Pd.MM.

Berangkat dari kasus Korona yang membuat semua sector kantor harus berkatifitas dari rumah. Termasuk sekolah yang harus melaksanakan pembelajaran secara daring. Sejak saat itu saya rasa penggunaan internet semakin gencar disemua kalangan.

Pelaksanaan pembelajaran secara daring, mengharuskan guru mengembangkan kreatifitasnya dalam memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Dari sekian banyak media pembelajaran yang bisa diterapkan, salah satunya adalah penggunaan Blog sebagai media pembelajaran.

Apa itu Blog?

Blog merupakan singkatan dari Web dan Log tang dikenalkan pertamakali oleh Jhon Barger tahun 1998. Dari pengertian beberapa ahli dapat disimpulkan Blog adalah kumpulan informasi seseorang atau lebih yang bersifat lebih pribadi dan dapat diakses melaui internet oleh siapapun.

Blog meniliki beberapa jenis, yaitu Blog Pendidikan, Blog Sastra, Blog Pribadi, Blog Hukum, m Blog Polotik, Blog Kesehatan, Blog Perjalanan, blog Riset, Blog Agama, Blog Media, dan Blog Bisnis.

Blog memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai media belajar. Sebagai media pembelajaran yang diakses menggunakan HP atau laptop tentu sangat menarik bagi siswa untuk belajar. Sehingga pembelajaran tidak monoton hanya dengan membaca materi dari buku, menulis jawaban atau tanggapan pun di buku.

Guru dan murid bisa berinteraksi di Blog. Namun bagaimana memfungsikan Blog sebagai media pembelajaran secara maksimal tentu harus menyesuaikan dengan materi yang sedang diajarkan. Penggunaan Blog juga bisa dikolaborasikan dengan media misalkan Googel Form, Youtub dan lain-lain dengan menautkan link.

Didukung dengan kreatifitas dari guru dalam menyajikan pembelajaran melalui Blog, maka Blog akan sangat bermanfaat sebagai media pembelajaran. Meskipun tak dipungkiri penggunaan media ini juga terkendala beberapa hal. Misalkan akses internet dan tidak semua siswa memiliki HP.

 

 



 

Komentar

  1. si biru yang kren blog bagus dan resume yang singkat padat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, Ustadz. tanggapan panjenengan menambah semangat utk terus belajar. mohon saran2nya...

      Hapus

Posting Komentar