Menulis itu Mudah, Simak Tipsnya!

 


Judul : Menulis Itu Mudah, Simak Tipsnya!

Resume ke- : 10

Gelombang ke-: 29

Hari/ Tanggal : Senin/ 17 Juli 2023

Tema: Menulis itu Mudah

Narasumber : Prof. Dr. Ngainun Na’im

Moderator : Yandri Novitasari,S.Pd.

 

Luar biasa sekali rasanya kelas belajar menulis malam ini. Saya seperti dibawa ke memori beberapa tahun lalu saat masih menjadi mahasiswi IAIN Tulungagung yang sekarang menjadi UIN Satu Tulungagung. Waktu itu saya menjadi mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab dan bertemu dengan Ustadz Prof. Dr. Ngainun Na’im di salah satu mata kuliah.  Ya, begitu anak-anak PBA memanggil dosennya dengan Ustadz atau Ustadzah.

Malam ini saya kembali bertemu dengan beliau di kelas virtual KBMN pertemuan ke 10. Bersama beliau menemani kami peserta KBMN belajar adalah moderator cantik, Ibu Yandri Novitasari,S.Pd. Tema yang dibahas kali ini adalah “Menulis Itu Mudah”.

“Ah, sulit bagi saya” begitu respon saya dalam hati, kenapa? Yap, karena belum terbiasa menulis. Pun kata beliau, menulis itu mudah untuk yang terbiasa, sulit untuk yang tidak terbiasa. Kemudian saya simak materi dari beliau dengan semangat sekali.

Beliau memaparkan seperti ini, Tips agar menulis terasa mudah:

1.     1) Tulislah apa yang diketahui

    Untuk penulis pemula, menulis tentang kegiatan sehari-hari mungkin bisa menjadi obat mujarab             untuk belajar menulis. Karena tentu kita adalah yang paling tahu tentang kegiatan sehari-hari kita          sendiri.

2.     2)  Meyakinkan diri bahwa menulis itu mudah

    Pikiran adalah kunci penting dari setiap tindakan. Jika berpikir menulis itu sulit, maka akan mudah        putus asa. Pun sebaliknya, jika berpikir menulis itu mudah, maka akan selalu bersemangat dalam            menulis. Meskipun ada kesulitan, kesulitan itu akan berubah menjadi tantangan

3.      3) Menulis sedikit demi sedikit

Harus tetap menulis meskipun hanya sedikit. Ibarat pribahasa, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Gunakan penunjang apapun yang paling dianggap paling nyaman untuk menulis. Bisa laptop, HP. atau bahkan menulis tangan. Karena kunci kesuksesan dari setiap usaha adalah konsisten.

4.      4) Tulis apa yang dipikir dan jangan dipikir apa yang akan ditulis

Intinya tetap harus konsisten menulis. Tulis saja karena menulis itu dunia aksi bukan hanya teori.

5.     5)  Jangan menulis sambil edit

Agar menulis lebih maksimal, sebaiknya menulis saja. Baru lakukan baca ulang dan edit setelah selesai menulis agar menulis focus pada menuliskan apa yang dalaam pikiran.

Sebagai penutup beliau ingat sebuah slogan dari AA Gym, 3M yaitu mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulai sekarang juga. Menulis itu mudah jika dipraktikkan bukan didiskusikan

 

 


Komentar