Ini Cara Menyusun Buku yang Sistematis

 


Bangga sekali rasanya menyimak materi dari narasumber yang kaya prestasi. Narasumber materi ini berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Prestasi membanggakan yang pernah beliau raih adalah sebagai pemenang ketiga lomba kfreatifitas guru tahun 2017, guru berprestasi tingkat SMA tahun 2021, peraih dua medali emas dan tiga medali perunggu Gurulympic tahun 2020.

Beliau bernama Bapak Yulius Roma Patandean,S.Pd.,M.Pd. Belaiu adalah alumni KBMN gelombang 9 tahun 2020. Dalam menyampaikan materi ini beliau ditemani oleh moderator muda yaitu ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd.

Dalam menulis sebuah buku sangat diperlukan penyusunan yang baik dan benar. Buku yang disusun dengan baik akan menjadi sajian yang enak dibaca dan mudah dipahami. Selain itu, naskah yang tertata rapi akan memudahkan dalam penyuntingan sampai berhasil diterbitkan.

Mandeley dan Zotero adalah dua aplikasi yang bisa digunakan untuk menyusun buku secara sistematis. Sedangkan fitur yang biasa digunakan untuk menuliskan naskah calon buku adalah Ms Word.

Setiap penulis meungkin memiliki caranya masing-masing untuk menyusun buku yang sistematis. Namun, kegiatan itu akan lebih cepat dan mudah jika mencoba menggunakan simulasi dan percobaan menggunakan fasilitas yang telah tersedia.

Penulis juga harus sering membaca ulang tulisannya dan merubahnya jika ada bagian yang perlu diperbaiki. Meskipun ada team editor, maka tidak ada salahnya jika penulis juga belajar menajdi editor pada karyanya sendiri.

Setiap memulai menulis pasti ada tantangan yang harus dihadapi. Namun tantangan-tantangan itu akan membuat kita semakin kuat untuk bisa menerbitkan buku. Buku yang baik dan menarik tentu memerlukan usaha yang tidak mudah. Ini sesuai dengan pepatah “Hasil tidak akan menghianati proses”.

Materi disampaikan dengan sangat singkat namun padat dan jelas. Sayangnya, karena kondisi pemateri yang kurang sehat, maka sesi tanya jawab tidak dilanjutkan secara terbuka. Pemateri membalas pertanyaan dari peserta melalui email masing-masing.

Komentar