Meresume Menjadi Mudah

 


Resume ke: 3
Gelombang ke: 29
Tema: Teknik Penulisan Resume
Hari/ Tanggal : Jum'at/ 23 Juni 2023
Narasumber : Ibu Raliyanti,S.Sos.,S.Kom.,M.Pd.
Moderator : Purbaniasita Sedyo,S.Pd.

Meskipun tidak bisa bergabung langsung pada KBMN malam tadi, saya berusah bisa menyusul materi dengan membaca berulang materi yang sudah disuguhkan oleh Narasumber Ibu Raliyanti,S.Sos.,S.Kom.,M.Pd. yang didampingi oleh Moderator Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo,S.Pd.

Belum sampai selesai membaca seluruh materi dan jawaban dari kawan-kawan online, saya merasa dua resume saya sebelumnya sepertinya sedikit keluar jalur. Saya merasa lupa sejenak tentang apa itu resume dan bagaimana meresume yang baik dan benar. 

Saya merasa bersyukur sekali dengan adanya materi Teknik Penulisan Resume malam tadi. Meskipun saya seringkali tidak percaya diri dengan tulisan saya, saya tetap ingin berusaha mencobanya lagi.

Yuk kita pelajari kembali bersama-sama bagaimana menulis resum agar mudah...

Nama lain dari resume adalah ikhtisar atau rangkuman. Meresume adalah langkah menuliskan kembali tulisan yang panjang menjadi lebih ringkas tanpa menghilangkan bagian pentingnya. Ketika menulis resume harus ada :

1. judul tema

2. Narasumber

 3. Bagian-bagian penting materi.


Bagaimana Menulis Resume yang benar?

1. Mengamati materi

2. Menulis kembali materi dengan bahasa sendiri yang baku

3. Hindari copy paste seluruh materi

4. Mengembangkan materi dari narasumber dengan relevansi dari luar yang sesuai

5. Memberikan kesimpulan di akhir penjabaran

6. Bagian pentingnya adaalah menggunakan gaya bahasa sendiri

Nah, mudah bukan langkah-langkah meresume itu?

Yuk, segera mencoba meresume karena semua cara yang dijabarkan akan sangat mempermudah kita dalam membuat resume jika kita mau mencobanya. Tentu akan menghasilkan karya yang baik jika diterapkan berulang-ulang. Dengan demikian, kita pun menjadi semakin percaya diri dengan tulisan kita. Karena tidak ada kegagalan, yang ada berhenti mencoba.

Komentar