Mengenal Lebih Dekat melintas.id

 


Judul : Mengenal Lebih Dekat melintas.id
Resume ke- : 6
Gelombang ke-: 29
Hari/ Tanggal : Jum'at/ 30 Juni 2023
Tema: Teknis Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id
Narasumber : Raimundus Brian Prasetyawan,S.Pd.
Moderator : Arofiah Afifi,S.Pd.


Pertemuan online malam ini, KBMN semakin menarik. Dengan tema Teknik Menulis untuk Situs Portal Berita Melintas.id kami dibersamai langsung oleh pimpinan redaksi portal berita melintas.id yaitu Bapak Raimundus Brian Prasetyawan S.Pd. dengan Ibu Arofiah Afifi S.Pd. sebagai moderator.

Melintas.id adalah akronim dari Media Literasi Nusantara Semaja yang lahir pada tanggal 11 Mei 2023. Kelahiran portal baru ini diprakarsai oleh Bapak Ahmad Fatchudin peserta KBMN gelombang 27. Seperti pemaparan di paragraph pertama tadi bahwa Melintas.id digawangi langsung oleh bapak Raimundus Brian Prasetyawan,S.Pd. dan rekan-rekannya yaitu Bapak Dr. Wijaya kusumah sebagai penasihat, Bapak Ahmad Fatchudin sebagai wakil pimpinan redaksi. Tulisan-tulisan di melintas.id akan di editori oleh Bapak Dail Ma’ruf, Lely Suryani, dan Ibu Widya Setianingsih. Desain grafis dan media sosial dipegang oleh Ibu Nur Dwi Yanti.

Melintas.is didirikan dengan tujuan lebih dari sekedar mendapatkan penghasilan yaitu sebagai  wadah pengembangan diri dalam hal menulis bagi peserta maupun alumni KBMN PGRI. Sebagai portal berita melintas.id memiliki ciri khas tertentu.

Sebagian besar perserta KBMN adalah gurum kepala sekolah, pengawas, dan orang-orang yang terkait dengan dunia pendidikan.  Potensi besar ini diyakini akan menjadikan melintas.id menjadi portal berita yang aktif, produktif, bermutu dan cicari banyak orang.

Pengelolaan melintas.id ini berada di bawah naungan Promedia. Yang mana Promedia merupakan pemegang hampir seribu situs portal berita besar di Indonesia, seperti Suara Merdeka dan Jawa Pos. Dengan demikian, melintas.id berada dikalangan media berkualitas.

Setiap tulisan yang ada di melintas.id harus terdapat kalimat pembuka berita di awal paragraph. Contohnya bisa dibaca pada link https://www.melintas.id/sastra/341636371/puisi-jiwa-muda-yang-terus-membara-dan-penuh-semangat-menjadi-garda-terdepan-untuk-meraih-kesuksesan

Di melintas.id ada sepuluh menu yaitu Pendidikan, Sastra, Parenting, News, Religi, Sekolah, Literasi, Ragam, Olahraga, dan Opini. Penulis di melintas.id ada dua kategori yaitu penulis lepas dan penulis tetap. Menulis di melintas.id tidal langsung tayang, namun harus melewati editor sehingga waktu tayang bisa menunggu berjam-jam atau berhari-hari.

Meskipun sebagai portal baru, melintas.id sudah diprogram sangat rapi dan ketat. Hal itu dimaksudkan untuk menjadikan melintas.id menjadi media baca dengan isi yang berkualitas tinggi.

 

 

Komentar